Cara Cek RAM Android Dengan Cepat

Cara Cek RAM Android Dengan Cepat - Cara cek RAM android harus dipelajari terutama bagi pemakai smartphone ber-OS Android. Hal itu penting saat mereka memakai hp android dalam mendukung kegiatan mereka keseharian. Tahu besaran RAM android pun dibutuhkan kala anda ingin membeli handphone android sebab besaran RAM termasuk pertimbangan penting sebuah perangkat android. Di samping tentunya kemampuan prosesor yang digunakannya.
Rasanya hampir stiap orang tahu apa itu RAM. RAM ialah sarana penyimpanan data temporer pada sejumlah perangkat, diantaranya smartphone Android. Bila sebuah perangkat android memiliki RAM dengan Kapasitas besar, tentu handphone anda akan bekerja cepat biarpun anda menjalankan aplikasi berukuran besar atau sedang menjalankan multitasking. Saat handphone dianggap berjalan lambat, anda dapat melihat besaran RAM Android yang tersisa. Pastinya anda harus mengetahui cara cek RAM Android bila anda memang penggemar sistem operasi android. Langkah mengecek besaran RAM android cukup sederhana, anda bisa mengikutinya seperti yang berikut ini:

- Pertama anda pilih mode ‘setting’ di handphone android anda.
- Selanjutnya anda pilih menu 'application' yang tersedia pada menu ‘setting’.
- Di menu ‘application’ itu, anda pilih saja menu ‘Running' dengan men-tab-nya.
- Berikutnya akan muncul sisa RAM HP android anda yang umumnya ditandai tulisan berwarna abu-abu untuk sisa RAM, dan tulisan berwarna biru untuk RAM yang terpakai.

Nah, cara cek RAM Android tadi pastinya sangat sederhana kan. Anda boleh mengerjakannya setelah menyimak artikel ini. Bila handphone android keluaran lama mempunyai ukuran RAM yang kecil maksimal hanya 256 MB saja, namun berbeda dengan ponsel Android keluaran terkini yang rata-rata memiliki ukuran RAM besar mencapai ukuran 1 GB. Dengan besaran RAM 1 GB tersebut, tentunya kegiatan multi tasking akan berjalan dengan mulus tanpa kendala lag. Lebih-lebih bila didukung pula oleh dapur pacu berupa processor berkecepatan tinggi setidaknya 1 GHz. Bermain game pada handphone android yang memiliki RAM besar jelas akan menyenangkan tanpa gangguan hang yang menyebalkan biarpun ukuran file Game tersebut besar.

Untuk itu bila anda hendak membeli sebuah handset Android, pertama yang harus anda perhatikan adalah berapa kapasitas RAM yang dibenamkan di dalamnya. Rata-rata handphone kelas low end saat ini pun sudah menggunakan besaran RAM mencapai 1 GB. Namun bila anda sudah terlanjur memiliki sebuah handphone android dengan ukuran RAM kecil, saran terbaik adalah anda harus sering sering mengecek sisa RAM handphone anda. Itulah pentingnya anda tahu cara cek RAM android. Setelah anda mengecek sisa RAM, anda bisa menggunakan pilihan aplikasi RAM cleaner agar penggunaan alokasi RAM yang tak berguna akan dibersihkan dan selanjutnya anda akan memiliki kapasitas RAM yang lebih besar.