5 Tanda Dan Cara Cek Koil Mobil Yang Sudah Rusak

5 Tanda Dan Cara Cek Koil Mobil Yang Sudah Rusak - Anda mungkin pernah menghadapi mobil anda yang mendadak mati atau susah menyala? Boleh jadi itu disebabkan oleh koil yang rusak. Koil adalah componen penting di sebuah mobil untuk sumber pengapian. Mekanisme kerja koil ialah merubah tegangan accu 12 v menjadi ribuan volt selanjutnya akan memantik busi sehingga terjadi pengapian.  Setidaknya ada 3 ciri koil mobil itu rusak yaitu : (1)ketika mobil sudah dipakai lumayan lama, kemampuan mesin menurun, tersendat-sendat malah sampai mati. Mesti menunggu beberapa saat baru dapat dihidupkan kembali.(2)mobil susah dihidupkan ketika pagi.(3)ada pengapian yang bocor di pinggiraan terminal koil dan tampak terdapat insulator koil yang retak. Untuk itu anda sebaiknya belajar tentang cara cek koil mobil yang sudah rusak.
5 Tanda Dan Cara Cek Koil Mobil Yang Sudah Rusak,
baca juga : 3 Cara Mudah Cek Kuota Esia Max-d

Koil adalah alat di kendaraan berupa kumparan induksi yang digunakan untuk memicu pengapian busi. Dengan pahamnya anda mengenai cara memeriksa koil mobil, akan bisa menolong anda tak selalu bergantung pada bengkel ketika mobil anda mogok. Terdapat sejumlah cara cek koil mobil yang sudah rusak atau masih baik, dilihat dari tanda-tandanya sebagai berikut:

1. Periksa bagian-bagian pada koil guna mengetahui apakah masih bagus atau tidak. 
Anda bisa memakai multitester, atau anda pun dapat memakai cara lain yakni seperti mengecek pengapian busi. Tempelkan kabel koil ke bodi mesin, selanjutnya starter mobil anda. Jika ada percikan api, tidak berarti koil masih bagus, anda mesti mengecek kembali dengan memasang busi, jika ada percikan api itu tandanya koil masih bagus. Akan tetapi jika tak ada percikan api maka koil lemah dan tak bisa bekerja dengan optimal.

2. Mobil susah hidup
Seringnya mesin susah hidup bila mobil dalam kondisi panas ataupun sesudah dipakai lama. Mesti menanti mobil dingin dahulu baru dapat hidup, ini mungkin saja disebabkan koil lemah dan dalam kondisi panas mengakibatkan koil tak mampu berfungsi baik. Penyelesaiannya, ganti dengan yang baru atau dinginkan koil menggunakan lap dingin paling lama 10 menit.

3. Mesin mbrebet
Indikasi mbrebet berulang kali terjadi bila koil bocor. Pengapian menjadi tak sempurna dan busi miskin suplai daya listrik yang akibatnya mobil berjalan tersendat-sendat. Bila ada indikasi bocor, sebaiknya ganti baru atau tutp dengan lakban hitam.

4. Mobil menjadi boros BBM
Pemakaian BBM yang boros pun bisa disebabkan koil lemah atau bocor.

5. Muncul percikan api
Sebetulnya ini tak masalah, namun akan jadi persoalan besar jika kondisi selang bensin bocor dengan begitu berpeluang mobil terbakar gara gara koil bocor. Koil bocor umumnya tampak di ujung kabel koil dan percikan api bisa muncul di sekeliling koil. Jika bocor, sebaiknya diganti saja dan tidak boleh kelamaan di lakban.