7 Cara Cek Android Asli Atau Tiruan

Cara cek Android berikut berguna untuk memastikan keaslian handset Android Anda. Ada sejumlah cara yang dapat anda kerjakan untuk mengecek apakah perangkat Android anda itu original atau tiruan. Ini tentunya sangat bermanfaat ketika anda akan membeli sebuah handphone android, baik baru ataupun bekas :
Cara Cek Android, Cara Cek, cara cek android sudah root,versi android,samsung,device id,yg sudah di root,asli atau palsu info ponsel,second,versi,
Bacaan lainnya : Cara Cek Backlink

1. Menggunakan kode pengecekan

Tiap-tiap merek android mempunyai kode angka tersendiri contohnya Sony *#*#7378423#*#* sementara untuk Samsung dengan kode *#0*#.  Kalau tak muncul informasi spek maka jelas itu handset android tiruan. Tapi ada pula handphone Android palsu yang tetap bisa menampilkannya, oleh karena itu proses berikutnya ialah mengecek IMEI.

2. Mengecek nomer IMEI

Anda cukup mengetikkan kode *#06# di handphone anda. Nomer IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah semacam identitas sebuah handset yang bersifat ekslusif. Bila handphone Android anda original tentu akan keluar kode IMEI, namun bila tak keluar, boleh jadi handphone android anda itu tiruan. Selanjutnya anda pun bisa mengecek nomor IMEI via online menggunakan layanan dari website www.imei.info. Ketikkan nomor IMEI handphone android di kolom yang tersedia dan kemudian tekan tombol CHECK. Dalam sekejap akan keluar spek perangkat anda, cek bahwa spek yang terlihat sama dengan handphone anda.

3. Menggunakan AnTuTu Benchmark

Sebelumnya unduh dulu aplikasi AnTuTu Benchmark untuk tujuan pengecekan spesifikasi lengkap handphone Android anda, selanjutnya bandingkan dengan detil spek ketika anda cek imei.info.  Bila sama anda boleh merasa senang karena handphone android anda asli.

4. Gunakan website apps.opera.com

Bila anda masih sangsi juga, akses apps.opera.com guna mengenali keaslian perangkat Android anda. Sesudah anda membukanya, lihat bagian bawah laman ada teks 'Your device is Android generic Generic Android 4.0'. Akan tetapi bila handphone Android anda tiruan, teks yang tertera adalah 'Your device is Android Generic Android'.

5. Hasil pemotretan dan ukuran file

Cara cek android berikutnya ialah mengamati mutu foto dan ukuran file foto tadi. Mutu foto dan kapasitas file Android asli lebih bagus dengan ukuran file lebih besar. Umpamanya HP android dengan lensa 13 mega pixels, hasil foto akan mempunyai ukuran file 2 hingga 3 MB sementara HP android tiruan ukuran file foto cuma 500 Kb.  Selanjutnya kopikan file foto tadi ke komputer, selanjutnya periksa deskripsi foto dengan klik kanan dan pilih menu Properties.

6. Kecepatan dalam menginstal aplikasi android

Bila itu adalah handphone Android orisinal maka proses download dan instalasi aplikasi akan berlangsung dengan cepat.

7. Teliti keadaan unit handphone

Lihatlah segel di kotak kemasan, cek bahwa ada segel dengan hologram.  Selanjutnya cermati layar handset anda.  Kalau itu android original tentu layar yang ditampilkan betul-betul jernih dibanding yang imitasi.