Cara Cek Status E-KTP Online Yang Mudah Dan Cepat

Mengecek status e-KTP online termasuk satu diantara cara memastikan apakah data kependudukan anda sudah teregistrasi di pusat data kependudukan nasional. e-KTP adalah kartu kependudukan yang sudah ditunjang sistem informasi yang akurat, aman dan tertib dalam hal administrasi sebab telah terpadu dengan database kependudukan pada kantor Kementerian Dalam Negeri pusat. Tiap warga cuma memiliki satu nomor induk kependudukan meskipun orang itu pindah ke wilayah lain. Hal ini untuk meminimalisir peluang individu memiliki lebih dari satu KTP yang boleh jadi akan digunakan untuk berbuat melanggar hukum.
cek e ktp terdaftar,cek e ktp yang sudah jadi,cek e ktp android,cek e ktp nik,cek e ktp sudah jadi atau belum,cek e ktp kpu,cek e ktp lucu,cek e ktp kemendagri,
Baca juga : Cara Cek Blackberry ID

Nomor induk kependudukan yang tercantum dalam e-KTP pun akan dihubungkan untuk kepentingan lain misalnya pembuatan SIM, Paspor, ataupun kartu identitas lainnya. Mayoritas penduduk di Indonesia saat ini telah memperoleh e-KTP dimana tahap pembuatan secara massal telah dilakukan tahun 2013 lalu. Namun apakah nomor induk kependudukan anda saat ini telah masuk di database kependudukan tingkat pusat? Bila anda ingin mengetahui cara cek status e-KTP online anda, maka anda harus mengikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan berikut ini atau langsung masuk ke situs berikut >> http://ektp.cektkp.com :

Akses website pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tingkat kota/kabupaten. Untuk misal adalah website resmi Disdukcapil kota Depok dengan alamat http://disdukcapil.depok.go.id/. Di sana dijelaskan cara cek status e-KTP online bagi penduduk yang tercatat sebagai warga kota Depok. Mereka dapat mengeceknya dengan mengirimkan SMS dengan format NIK#nomor NIK anda kemudian kirimkan ke nomer 0821-1101- 4433. Selanjutnya anda akan memperoleh status balasan SMS informasi kependudukan anda yaitu :

1. "Tidak Ada Status"  Itu artinya Biodata anda sudah terdaftar di database SIAK Disdukcapil namun tidak menjalankan perekaman data KTP Elektronik.
   
2. "Terimakasih Telah Merekam e-KTP" Itu artinya  Biodata anda sudah melakukan Perekaman data e-KTP.
   
3. "Data Teridentifikasi Ganda" Artinya  Biodata anda menjalankan perekaman data e-KTP lebih dari sekali dengan Nomor Induk Kependudukan berbeda.
  
4. "Siap Cetak" Itu berarti Data Hasil perekaman e-KTP akan dicetak sesudah menjalanu tahap Ajudicated atau pencocokan data dibandingkan dengan Database pusat.
    
5. "Sudah dicetak" Artinya e-KTP anda sudah diprint namun belum dikirimkan kepada anda.

Bila diringkas maka cara cek status e-KTP online adalah sebagai berikut :

- Anda terdaftar sebagai warga Depok dan memiliki KTP Depok.
- Catat NIK (Nomor Induk Kependudukan) Anda yang tertera pada KK (kartu keluarga) atau KTP
- Kirimkan SMS ke 0821-1101-4433 menggunakan format penulisan NIK#nomor NIK. Misalnya : NIK#3276061312660003
- Anda akan memperoleh SMS balasan dengan format No. NIK No. KK Nama TMP/TGL-LAHIR JENIS KELAMIN DAN STATUS E-KTP ANDA.

Bagaimana, mudah sekali kan cara cek status e-KTP anda dengan contoh kasus adalah pengecekan untuk kota Depok. Untuk kota-kota lain anda silahkan membuka website resmi Disdukcapil tempat KTP anda tercatat.