Langkah Mudah Cara Cek Domain Yang Masih Tersedia

Saat ini blog telah jadi salah satu sarana mengenalkan diri sebagaimana suatu perusahaan. Untuk memfasilitasi hal itu, membeli domain atau nama blog sendiri adalah pilihan yang sesuai. Memakai domain milik sendiri, kita pastinya akan lebih percaya diri dikarenakan nama blog kita sudah tak lagi ada nama tambahan lain di belakangnya seperti saat kita masih menggunakan layanan blogspot.com atau wordpress.com. Memakai domain milik sendiri, akan tampak profesional. Cara cek domain masih ada atau sudah didaftarkan pihak lain terkadang butuh waktu yang tak sebentar. Terkadang nama domain yang anda harapkan sudah digunakan pihak lain.
cek nama website,cara ngecek domain,domain cek,cara cek umur domain,cara cek nama domain,cara cek domain expired,cara cek domain aktif,cara cek domain authority,
Terkait : cara cek driver komputer


Sebelum anda mengecek ketersediaan nama domain, anda harus memperhatikan aturan pemilihan nama domain seperti dijelaskan berikut ini :
cek nama website,cara ngecek domain,domain cek,cara cek umur domain,cara cek nama domain,cara cek domain expired,cara cek domain aktif,cara cek domain authority,

- Minimal panjang nama domain yaitu 3 karakter sementara maksimalnya 63 karakter. Akan tetapi dianjurkan panjang maksimal nama domain tak lebih dari 26 karakter.
   
- Karakter yang diperbolehkan ialah huruf a hingga z, angka 0 hingga 9, serta tanda dash(-).
   
- Karakter awal dan paling akhir harus huruf atau angka.
   
- Melihat ektensi .com adalah yang terbanyak digunakan, untuk itu bila Anda ingin menggunakan ektensi .com ini boleh jadi Anda akan memperoleh domain yang tersedia itu semakin sedikit.
   
- Tiap-tiap ektensi mempunyai ketentuan dan syarat tertentu.
   
- Untuk domain berektensi .id atau domain khusus Indonesia, maka aturan yang ada ialah aturan yang ditetapkan badan idnic. Registrasi domain .id tak bisa cepat dan real time sebab mesti menunggu persetujuan badan idnic.

Tentu sangat menjengkelkan bila nama domain yang anda incar ternyata sudah didaftarkan orang lain. Bila hal tersebut terjadi, anda mau tak mau mesti menciptakan nama domain baru yang masih lowong. Namun bila masih menginginkan nama domain itu, coba temukan nama domain tersebut di sejumlah situs layanan pencarian nama domain. Hasilnya, anda bisa tahu apakah nama domain tersebut masih kosong selain dari yang telah didaftarkan orang itu. Misalnya bila domain yang anda inginkan adalah domain.com dan sudah didaftarkan pihak lain, maka anda dapat mengecek apakah domain yang .net, .us, .info, maupun ekstensi lain masih kosong atau tidak. Menggunakan layanan situs tadi anda bisa memperoleh domain yang anda kehendaki akan tetapi menggunakan ekstensi lain.

Adapun cara cek domain sangat gampang, pilih salah satu dari sejumlah layanan situs pencari nama domain berikut ini : http://domize.com, http://instantdomainsearch.com dan http://www.domainhole.com. Tuliskan nama domain yang dimaui kemudian tekan tombol search. Tak butuh waktu lama domain yang anda inginkan, statusnya sudah tertera masih ada atau tidak dan juga keterangan masa berlaku domain itu.