Tata Cara Menggunakan Fitur Go-Jek Kurir Pada Aplikasi Go-Jek

Anda yang terbiasa menggunakan layanan tukang ojek untuk pergi dan pulang kantor atau di tengah malam istri anda yang sedang hamil mengidam ingin makan kerak telor namun anda malas keluar sepertinya layanan Go-Jek ini pas untuk anda. Jika lazimnya penumpang yang mendatangi tukang ojek, namun jika anda menggunakan layanan ini driver ojeknya malah yang menjemput anda. Tak cuma untuk layanan antar jemput namun layanan dalam bentuk aplikasi Gojek ini pun bisa mengirimkan paket barang dan juga membelikan makanan untuk kita.
Go-Jek Kurir Pada Aplikasi Go-Jek

Layanan Go-Jek sebetulnya telah hadir semenjak 2011 silam akan tetapi belum menggunakan aplikasi seperti sekarang namun masih menggunakan fitur SMS. Kini Go-Jek telah menyediakan sebuah aplikasi canggih yang bisa didownload toko aplikasi atau langsung di website resmi di http://go-jek.com/app. Tersedia untuk smartphone Android dan juga Apple.

Setelah menginstalnya di smartphone silahkan membuka aplikasinya. Pada halaman depan bertuliskan 'An ojek for Every Need' dengan background hijau. Berikutnya pengguna bisa menentukan jenis layanan yang dibutuhkan yaitu Go-Jek Transport untuk antar-jemput, Go-Jek kurir (Instant Courier) untuk antar barang atau paket, Go-Food untuk membelikan menu makanan dan Shopping untuk jasa berbelanja. Misalnya kita akan menggunakan Go-Jek kurir maka ketikkan detil alamat tujuan. Pengguna pun bisa menentukan waktunya apakah akan diantarkan saat ini juga atau di hari lain. Di peta yang tersaji nampak posisi driver yang dekat dengan posisi pengguna.

Detil alamat penjemputan dan tujuan pengguna bisa melakukan tap pada menu Location untuk menampilkan peta. Pengguna perlu memastikan alamat tujuan sudah terisi dengan betul. Selanjutnya untuk Go-Jek kurir ini ketikkan info barang yang hendak dikirimkan. Akhiri dengan tap pada tombol 'Next' maka booking done. Pengguna bisa melakukan booking selanjutnya atau tap tombol Cancel jika memang hanya satu orderan. Pengguna cukup menunggu sebentar, Go-Jek akan menemukan driver terdekat dari lokasi penjemputan. Pengguna akan dikirimkan notifikasi jika memang sudah siap driver terdekat dari lokasi. Seringnya driver akan sampai tak sampai 15 menit sudah datang ke lokasi penjemputan. Pengguna pun bisa melihat posisi terkini dari driver ojek dari peta yang disajikan.

Kecuali posisinya, identitas pengemudi pun akan tertampil seperti foto, nama beserta nomor ponsel. Pengguna pun bisa menghubungi langsung atau mengiriminya SMS untuk memastikan. Setelah barang dijemput dan mulai diantarkan maka pada menu My Bookings biasanya akan nampak service berstatus in progress. Untuk pembayaran Go-Jek menerapkan cara top up lewat transfer ke rekening bank BCA. Pengguna bisa melihat credit Go-Jek yang dimilikinya dengan tap tombol Setting selanjutnya tap menu Go-Jek Credit.

Untuk penggunaan pertama kali pihak Go-Jek menyediakan credit senilai Rp.50 ribu yang bisa diperoleh dengan memasukkan kode referral pengguna Go-Jek lain. Pengguna baru pun bisa membagikan kode referral yang dimilikinya kepada pengguna baru Go-Jek agar mereka juga bisa menikmati credit promo sebesar Rp.50 ribu. Pengguna bisa mengecek kembali menu My Bookings dan jika nampak Completed berarti Go-Jek kurir telah menyelesaikan tugasnya dan paket sudah tiba di lokasi tujuan.

Sesudah semuanya selesai pengguna pun bisa menuliskan review singkat perihal layanan driver. Rating tersebut bermanfaat untuk melihat kapabilitas driver sudah sesuaikah dengan standar pelayanan. Nah anda tertarik untuk menggunakan layanan Go-Jek kurir untuk barang atau paket yang akan anda kirimkan seperti menyebarkan kartu undangan atau yang lainnya.