Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan sudah Aktif Atau Belum

Cara Cek Keanggotaan BPJS - Semenjak program BPJS Kesehatan dikenalkan dan berfifat wajib, maka beramai-ramai warga masyarakat yang mendaftar menjadi pesertanya. Seperti yang diketahui bersama, keanggotaan BPJS Kesehatan ada dua jenis yaitu Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan pesert non PBI yang biasa dinamakan peserta mandiri. Peserta BPJS dari PBI adalah limpahan dari program bantuan jaminan kesehatan pemerintah yang lalu misalnya Jamkesda dan Jamkesmas. Peserta PBI ini akan ditanggung iuran per bulannya oleh pemerintah dengan skema terendah yaitu kelas III.

Sementara peserta BPJS mandiri tiap bulannya wajib melunasi premi menurut kelas yang dipilih. Cara mendaftar BPJS kesehatan mandiri cukup mudah dan cepat. Selain datang sendiri ke kantor BPJS setempat, pendaftaran pun bisa dilakukan secara online. Setelah pendaftaran selesai maka dalam jangka waktu 14 hari sesudahnya, kepesertaan akan langsung aktif. Namun masih banyak yang ragu apakah kepesertaan BPJS mereka sudah aktif atau belum dan ingin mengeceknya. Bila sudah bisa melakukan pembayaran premi pertama kali maka bisa dikatakan keanggotaan BPJS sudah aktif. Pembayaran premi BPJS Kesehatan pertama kali dapat melalui bank yang ditentukan maupun lewat minimarket Indomaret dan Alfamart. Sedangkan cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan sudah aktif atau belum bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Kita yang sudah membayar iuran pun kadang masih ragu dan ingin memastikan bahwa memang kartu BPJS yang kita miliki sudah bisa digunakan. Tentu berabe jika saat kita sakit dan menggunakan layanan BPJS Kesehatan ternyata kepesertaan kita belum aktif. Untuk cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan sudah aktif atau belum selain mendatangi kantor BPJS Kesehatan setempat juga bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS. Format penulisan SMS untuk cek aktif tidaknya keanggotaan BPJS Kesehatan adalah : NOKANOMOR KARTU BPJS KESEHATAN atau NIKNOMOR INDUK KEPENDUDUKAN atau NIPNOMOR INDUK PEGAWAI. Misalnya : NOKA 0001260979209 kemudian dikirimkan ke nomor layanan di 087775500400

Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan sudah aktif atau belum juga bisa dilakukan via online. Pertama buka layanan cek iuran pembayaran BPJS dengan membuka tautan http://www.bpjs-kesehatan.go.id/. Kemudian dari halaman yang terbuka, lengkapi form yang tersedia meliputi : Nomor Anggota yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir dan kode capthca. Maka beberapa saat kemudian akan ditampilkan informasi mengenai status kepesertaan BPJS Kesehatan anda.

Bila masih kurang puas dan yakin dengan informasi yang disajikan dari cara cek kepesertaan BPJS Kesehatan di atas, mau tidak mau anda harus meluangkan waktu untuk datang sendiri ke kantor BPJS Kesehatan di dekat domisili anda. Atau anda bisa segera menghubungi bagian informasi BPJS Kesehatan di nomor 1500400. Jangan sampai anda tak terlayani dalam urusan layanan kesehatan hanya karena status keanggotaan BPJS Kesehatan anda belum aktif.