Cara Daftar SNMPTN Dan Jadwal Lengkapnya

Perguruan tinggi yang bertindak sebagai pelaksana jenjang pendidikan sesudah SMA setiap tahun menerima mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik sehingga mampu merampungkan pendidikannya. Siswa lulusan SMA dengan prestasi ini pantas diberikan peluang sebagai mahasiswa lewat jaur penerimaan SNMPTN.

Sekolah setingkat SMA sebagi tempat siswa menuntut ilmu pun harus berperan pada tahapan seleksi SNMPTN ini. Perannya yaitu dengan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) secara benar dan lengkap sekaligus mendorong siswa ikut proses SNMPTN ini. SNMPTN adalah bentuk seleksi nasional berlandaskan prestasi akademik siswa mulai dari semester 1 hingga semester 5 untuk SMA dengan masa belajar 3 tahun. Sedangkan bagi siswa SMK dengan masa belajar 4 tahun diambilkan dari catatan nilai rapor mulai semester 1 hingga semester 7. Penilaian pun didasarkan pada portofolio akademik yang dimiliki siswa.

Cara daftar SNMPTN dan jadwal lengkapnya bisa disimak dari uraian singkat berikut ini. Siswa yang berkesempatan ikut serta dalam seleksi ini harus mempunyai Nomor Induk Siswa nasional (NISN), berprestasi dan track record yang bagus serta terdaftar dalam sistem PDSS. Proses penerimaan mahasiswa PTN lewat SNMPTN ini terdiri dari 3 tahap diawali dari melengkapi PDSS yang dilakukan pihak sekolah kemudian diverifikasi siswa bersangkutan. Selanjutnya adalah tahap pemeringkatan dan diakhiri dengan siswa bersangkutan melakukan pendaftaran SNMPTN.

Cara daftar SNMPTN untuk tahap pengisian dan verifikasi PDSS yaitu pihak kepala sekolah melengkapi data sekolah dan siswa dalam PDSS di laman http://pdss.snmptn.ac.id. Kepala Sekolah kemudian akan memperoleh password yang nantinya dipakai siswa bersangkutan ketika verifikasi. Berikutnya siswa memverikasi data prestasi akademik nilai rapor setelah sebelumnya login memakai NISN dan password yang diberikan kepala sekolah.

Berikutnya Panitia Nasional akan melakukan pemeringkatan mengambil data dari nilai mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional untuk semester 3, semester 4 dan semester 5. Siswa yang memenuhi kriteria yang ditentukan panitia nasional kemudian melakukan pendaftaran di laman http://www.snmptn.ac.id dengan login menggunakan NISN dan password yang sebelumnya diberikan pihak kepala sekolah. Siswa melengkapi data diri, PTN yang dituju sekaligu juga jurusan. Kemudian mengupload foto terbaru dan berkas prestasi bila memang memiliki. Siswa kemudian mencetak Kartu Tanda Peserta untuk bukti bahwa mereka adalah peserta SNMPTN.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2016 secara lengkap adalah sebagai berikut :

- Pengisian dan verifikasi PDSS : 18 Januari hingga 20 Februari 2016
- Pendaftaran SNMPTN : 29 Februari hingga 12 Maret 2016
- Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN : 22 Maret hingga 21 April 2016
- Tahap seleksi : 24 Maret hingga 8 Mei 2016
- Pengumuman hasil seleksi : 9 Mei 2016
- Tahapan verifikasi atau daftar ulang di PTN masing-masing bagi siswa yang lulus seleksi : 31 Mei 2016 berbarengan dengan pelaksanaan ujian tulis.