Cara Pembayaran SBMPTN Lewat ATM Mandiri, BNI dan ATM Bersama

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah dibuka secara online dari tanggal 25 April 2016 lalu dan akan ditutup tanggal 20 Mei 2016 mendatang jam 22:00. Pendaftarannya sendiri dilakukan dengan akses ke http://pendaftaran.sbmptn.ac.id/. Pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN diselenggarakan 31 Mei 2016 dan pengumuman dilakukan tanggal 28 Juni 2016.

Pendaftaran SBMPTN 2016 ini akan dikenakan biaya seleksi sebesar Rp.200 ribu. Cara pembayaran SBMPTN 2016 ini bisa dilakukan baik lewat bank Mandiri maupun bank BNI baik itu di konter maupun lewat ATM dan mobile banking. Termudah adalah cara pembayaran SBMPTN lewat ATM dengan langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. ATM Bank Mandiri
Seperti biasa masukkan kartu dan ketikkan PIN, klik pada menu BAYAR/BELI lalu klik pada menu PENDIDIKAN. Diminta untuk meng-input kode perusahaan/institusi SBMPTN 2016, isi saja dengan 10000. Berikutnya isikan 11 digit Kode Bayar yang tertera di slip pembayaran sesudah mendaftar di http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Kemudian saat diminta memilih item pembayaran SBMPTN 2016, ketikkan nomor urut yang tersedia di sebelah kiri, dilanjut dengan menekan tombol YA. Akan keluar Konfirmasi Pembayaran berupa detil KAP, Nama dan Kode Bayar. Tekan tombol YA untuk mengkonfirmasi bahwa data tadi sudah benar. Akan keluar struk sebagai bukti transaksi pembayaran.

2. ATM Bersama
Setelah memasukkan kartu dan mengetikkan PIN, akan keluar MENU PENARIKAN CEPAT. Klik pada menu TRANSAKSI LAINNYA lalu TRANSFER LINK/ATM BERSAMA/PRIMA. Ketikkan Kode Bank Penerima (008 untuk bank Mandiri) + Kode SBMPTN + No. Rek misalnya : 0081000083838383838. Ketikkan nomor referensi jika menginginkan. Selanjutnya isikan nominal Rp.200.000 dan tekan tombol YA. Pilih Jenis Rekening yang digunakan : Tabungan atau Giro. Struk akan tercetak sebagai bukti pembayaran.

3. ATM Bank BNI
Seperti biasa masukkan kartu ATM BNI di slotnya, klik pilihan BAHASA, selanjutnya ketikkan PIN ATM. Dari layar yang terbuka, klik pada MENU LAINNYA lalu MENU PEMBAYARAN. Dari beberapa opsi yang muncul, pilih MENU BERIKUTNYA dan pilih MENU UNIVERSITAS dan terakhir pilih MENU SBMPTN. Langkah selanjutnya isikan Kode Bayar sebagaimana tertera di bukti pembayaran biaya seleksi SBMPTN 2016 ketika mendaftar di http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Cek lagi data-data pembayaran yang akan dilakukan di layar. Bila sudah betul maka lakukan konfirmasi dengan klik pada tombol YA. Kertas struk bukti transaksi pembayaran yang sah akan keluar dari mesin ATM.