3 Cara Cek BPOM Yang Benar

Cara Cek BPOM - Produk makanan dan minuman kemasan harus mempunyai standar yang ditentukan pemerintah. Hal itu disebabkan makanan dan minuman kemasan umumnya mempunyai konsentrasi zat tertentu yang mungkin membahayakan kesehatan. Makanan dan minuman kemasan harus mempunyai nomer registrasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan makanan). Ketika anda membeli makanan kemasan, pertama yang harus diperhatikan adalah ada tidaknya nomer registrasi BPOM. Namun ada juga produsen nakal yang mencantumkan nomer BPOM aspal atau palsu. Maka sebaiknya anda waspada ketika berbelanja makanan kemasan. Cara cek BPOM yang benar akan dijelaskan dalam uraian yang berikut ini :
cara mengecek bpom kosmetik,cara cek bpom,cek bpom cream sari,cek bpom cream rd,cek bpom jamu,cek bpom cream,cek bpom dr pure,
Baca juga : Cara Cek Nomor IM3

1. Mengecek kemasan
Dengan mengecek kemasan memang tetap memungkinkan terjadinya penipuan. Hal itu disebabkan tidak sedikit produk makanan dan minuman dengan nomer BPOM palsu. Namun bila anda tak memiliki metode lain, bolehlah cara ini digunakan. Coba anda lihat kemasan produk makanan atau minuman yang anda beli. Di sebelah belakang kemasan umumnya akan tertera nomer registrasi BPOM. Bila anda melihatnya, anda boleh membelinya. Cara ini adalah langkah awal yang harus anda tempuh.

2. Mengecek nomer BPOM via internet
Metode mengecek BPOM menggunakan media internet cukup mudah. Anda hanya tinggal mengakses website resmi BPOM yakni dengan alamat www.pom.go.id. Namun sebelumnya anda perlu mencatat kode nomer BPOM dari produk makanan atau minuman kemasan yang hendak anda beli itu. Sesudah anda mengetikkan kode registrasi BPOM produk itu maka anda akan diberikan informasi tentang produk makanan atau minuman itu. Bila nomer registrasi yang anda ketikkan itu tidak ada informasi yang anda dapatkan maka sudah pasti produk makanan dan minuman itu tak terdaftar di BPOM. Pada situs resmi BPOM ini, anda bisa melihat berbagai produk makanan dan minuman, kosmetik dan obat tradisional yang sudah memiliki nomer registrasi BPOM.

3. Mengecek ke Balai POM
Anda tinggal menyertakan contoh produk makanan dan minuman yang anda beli. Balai POM ataupun Balai Besar POM di daerah anda akan mengecek produk yang anda beli itu dan memeriksa nomer registrasi BPOM itu.

Badan POM memang dibentuk untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat ketika membeli sebuah produk makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, suplemen dan lain-lain. BPOM pun tak henti-hentinya memberikan penyuluhan tentang cara cek BPOM yang benar sehingga masyarakat tak terkecoh dengan ulah sebagian produsen yang nakal yang mencantumkan nomer registrasi BPOM abal-abal.

Nomor registrasi yang diterbitkan BPOM Republik Indonesia adalah: BPOM RI MD (pangan olahan yang dibuat di dalam negeri) dan BPOM RI ML (pangan olahan dari manca negara). Nomer registrasi terdiri dari 12 digit angka. Sedangkan bila ijin itu diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota maka nomer registrasi berbentuk P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga).