Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi Idaman Anda

Cara cek Akreditasi Perguruan Tinggi sebetulnya gampang saja, sebab saat ini  status Akreditasi program studi jurusan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dapat diakses lewat situs resmi Badan Akreditas Perguruan Tinggi (BAN-PT). Status akreditasi program studi yang diselenggarakan oleh setiap perguruan tinggi termasuk universitas, institut, sekolah tinggi, akademi dan politeknik entah itu negeri ataupun swasta dapat dicek via internet diikuti keterangan batas akhir status akreditasi-nya. Dengannya anda dapat memperoleh data status perguruan tinggi yang anda ingini.
Cara Cek, cara mengetahui akreditasi perguruan tinggi swasta,syarat akreditasi perguruan tinggi,pengertian akreditasi perguruan tinggi,pelita bangsa binjai,se jawa timur,
Baca juga : Cara Cek Tagihan PDAM

Mutu sebuah perguruan tinggi dapat ditinjau salah satunya dari status akreditasi program studi yang dimilikinya. Kendati faktanya tak sepenuhnya tepat jika perguruan tinggi dengan akreditasi baik adalah sebuah perguruan tinggi unggulan. Namun setidaknya anda akan memperoleh gambaran tentang bagaimana sebuah perguruan tinggi itu mengelola program studi yang didirikannya. Ada 3 cara cek akreditasi perguruan tinggi yang dapat anda gunakan untuk memilih perguruan tinggi yang hendak anda masuki yaitu :

1. Via online
Cara cek akreditasi perguruan tinggi melalui internet gampang dilakukan. Anda hanya perlu membuka website BAN PT dengan alamat http://ban-pt.kemdikbud.go.id/. Di situs itu tertera semua akreditasi perguruan tinggi yang berdiri di Indonesia secara lengkap. BAN PT adalah institusi pemerintah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki kewenangan memberikan status akreditasi sebuah perguruan tinggi setelah memenuhi sejumlah kriteria yang ditetapkan. Pada link yang tersedia dengan alamat http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php anda cukup mengetikkan nama perguruan tinggi yang anda inginkan maka akan muncul data lengkap mengenai status akreditasi perguruan tinggi dimaksud. Jika anda mendapati perguruan tinggi yang anda ingini ternyata dengan akreditasi yang rendah atau bahkan mungkin belum terakreditasi, sebaiknya anda urungkan niat anda kuliah di sana.

2. Mengecek langsung ke perguruan tinggi yang anda inginkan
Cara ini mungkin akan membuat waktu anda sedikit tersita. Namun cara ini sangat bermanfaat sebab anda dapat menanyakan langsung ke staf administrasi perguruan tinggi itu. Bila anda datang langsung maka anda dapat pula mengecek kondisi fisik bangunan, sarana, prasarana milik perguruan tinggi itu. Umumnya satu perguruan tinggi dengan nilai akreditasi baik tentu mempunyai sarana pendukung pendidikan yang juga bagus.

3. Mengecek brosur yang diberikan
status akreditasi sebuah perguruan tinggi pun bisa diketahui dengan membaca brosur yang diberikan. Hal itu disebabkan tiap-tiap perguruan tinggi tentu memiliki brosur untuk sarana promosi. Sesuatu yang harus tertera di brosur ini ialah status akreditasi yang dimilikinya. Bila perguruan tinggi itu mempunyai nilai akreditasi yang bagus tentu mereka tak akan ragu memasang status akreditasi program studi yang ada pada dalam brosur yang dibuat.