Cara Cek Tagihan PDAM Secara Online Lengkap

Cara Cek Tagihan PDAM - Kebutuhan air bagi keperluan setiap hari benar-benar diperlukan. Seperti untuk air minum, mencuci, mandi, dll. Bagi kebanyakan penduduk perkotaan, kebutuhan air bersih mereka dicukupi dengan berlangganan air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Penggunaan air yang banyak pasti saja tagihan PDAM yang harus dibayarkan pun besar. Kendati boleh dibilang tarif PDAM terhitung murah, akan tetapi untuk sebuah keluarga, perlu untuk tahu berapa tagihan yang mesti dibayar. Bisa lebih besar dari bulan kemarin atau lebih sedikit. Dengan mengetahui berapa besar tagihan, maka anda bisa membawa uang yang cukup sebelum melunasi tagihan itu.
cara cek tagihan pdam makassar,cara cek tagihan pdam banjarmasin,cara cek tagihan pdam surabaya,cara cek tagihan pdam sidoarjo,tangerang,bekasi,jakarta,kota cirebon,
Baca juga : Cara Cek SK Sertifikasi Guru

Saat ini PDAM sudah mempunyai fasilitas yang mempermudah pelanggannya untuk mengecek tagihan bulanan mereka yaitu via online. Cara cek tagihan PDAM secara online secara lengkap dapat anda simak pada penjelasan berikut. Cara cek tagihan PDAM online ini memang benar-benar memudahkan dan cepat. Mengikuti kemajuan teknologi internet, sekarang ini sudah ada sejumlah kantor PDAM yang memakai layanan online dalam menyediakan keperluan pembayaran tagihan air. Menggunakan layanan ini mengecek tagihan PDAM bisa diusahakan dengan mudah, cepat dan tak usah keluar rumah ataupun kantor.

Sarana online untuk bermacam layanan publik sebetulnya sudah harus diselenggarakan oleh pemerintah. Di samping untuk mempermudah masyarakat, akses online semacam itu pun sebagai bukti mutu layanan masyarakat yang lebih baik dengan begitu bisa mengangkat citra institusi ataupun lembaga bersangkutan.

- Pertama akses situs PDAM tempat Anda berada dengan mengisikan alamat URL PDAM bersangkutan. Tiap-tiap daerah memiliki alamat website sendiri sebab belum menjadi satu dengan PDAM pusat.
   
- Sesudah itu pilih menu "Info Tagihan Air" atau "Info Rekening Air" atau menu lain yang semacam itu. Prinsipnya menu semacam itu berfungsi sama walaupun istilah yang dipakai berlainan.
   
- Ketikkan nomor ID pelanggan PDAM anda pada kolom yang disediakan, selanjutnya  klik tombol enter. Segera akan diperlihatkan total Rupiah tagihan PDAM yang harus anda bayarkan.

Setiap PDAM daerah memiliki alamat website sendiri-sendiri. Anda perlu sedikit usaha untuk menemukan alamat website PDAM tempat tinggala anda. Bila memang kesulitan, anda bisa bertanya langsung ke kantor PDAM di kota anda. Dan berikut adalah contoh alamat website dari beberapa PDAM di Indonesia :

PDAM DKI Jakarta, dengan alamat : http://www.aetra.co.id/index.php/id_id/kalkulator
PDAM Karawang dengan alamat : http://tirtatarum.com/layanan/infotagihan
PDAM Banyumas dengan alamat : http://www.pdambanyumas.com/tagihanrekening/cari.php
PDAM Bandung dengan alamat : http://www.pambdg.co.id/new/bill.php
PDAM Denpasar dengan alamat : http://pdam.denpasarkota.go.id/info/pelanggan.php
PDAM Solo dengan alamat : http://www.pdamsolo.or.id/tarif/tagihan.php
PDAM Kota Samarinda dengan alamat : http://pdamkotasamarinda.co.id/tagihan/