Cara Cek CDI Pada Motor Bagi Awam

Cara Cek CDI - Sejalan dengan penggunaannya, beberapa peranti yang terdapat di motor tentu akan mengalami kerusakan. Kerusakan suku cadang motor itu dapat menyebabkan sejumlah gangguan mulai yang kecil hingga parah misalnya motor tak mau menyala. Kalau motor mogok, seringnya masalah ditemukan di sistem pengapian mencakup busi, koil maupun CDI. Sistem pengapian motor bensin umumnya ada 3 macam yaitu sistem pengapian konvensional dan pengapian electrik yang lumrah dinamakan CDI yang dibagi menjadi 2 jenis yakni CDI arus AC dan CDI arus DC  menggunakan regulator berupa kiprok.
Cara Cek CDI, Cara Cek, cara cek cdi rusak,cara cek cdi motor,cara cek cdi mati,cara mengecek cdi,cara mengecek cdi mobil,cara mengecek cdi mati,
Terkait : Cara Cek Ongkir Pos

Cara cek CDI pada motor bisa dilakukan dengan sejumlah langkah dan dengan memakai sejumlah alat kita dapat mengecek kondisi CDI. CDI atau kepanjangan dariCapacitive Discharge Ignition adalah pengganti platina yang kerap digunakan motor era lama. CDI merupakan pengendali tegangan dan pengatur waktu pengapian menuju koil pengapian. Komponen kapasitor CDI akan menampung listrik sementara dan bila terjadi sinyal yang berasal dari pulser/ sensor selanjutnya CDI akan mengalirkan listrik menuju koil. Bila CDI rusak jelas listrik tak akan mencapai koil dan itu akan mengakibatkan busi tak bisa memantik api dan motor tak dapat dinyalakan.

Terdapat sejumlah cara mengecek CDI pada motor. Pemeriksaan dapat dikerjakan dengan urutan ada tidaknya api pada kabel koil, kemudian ke sepul dan paling akhir pengecekan CDI. Bila motor mendadak mati saat digunakan, sebaiknya anda menepi dulu dan cari lokasi yang aman memarkir motor. Pertama buka cop busi, dekatkan kabel ke busi dan coba nyalakan motor anda. Bila tak terjadi percikan api yang dihasilkan busi, maka dapat diyakini masalah berada pada mekanisme pengapian.

Guna menentukan komponen pengapian mana yang rusak, periksa lebih dulu performa aki, sepul serta sekering masih dalam keadaan normal atau sudah soak. Kalau semua berfungsi dengan normal, selanjutnya periksa komponen koil. Lepas soket positif CDI dan lekatkan ke ground selanjutnya starter motor. Kalau tak muncul percikan api, dapat dipastikan bahwa CDI moor anda rusak dan saatnya diganti baru. Di samping itu, cara cek CDI pada motor itu rusak atau tidak bisa pula dikerjakan dengan memakai  Avometer.

Langkah mengecek dengan Avometer ini dengan menyetel lebih dulu di sinus 200 Volt. Tempelkan kabel merah Avometer di kabel CDI yang terhubung ke koil. Sementara kabel hitam Avometer ditempelkan ke bodi motor. Sesudah itu hidupkan motor menggunakan starter dan perhatikan jarum Avometer apakah terdapat arus yang keluar CDI atau tidak. Kalau tiada arus listrik yang keluar dari CDI, jelas CDI dalam kondisi rusak dan tak ada jalan lain selain menggantinya dengan CDI baru. Anda tak harus menjadi seorang montir untuk tahu cara cek CDI di motor karena memang mudah.