Cara Cek Laporan Bos Online Bagi Masyarakat Awam

BOS adalah kepanjangan dari Bantuan operasional sekolah yang merupakan program pemerintah lewat Dinas Pendidikan Nasional guna mendukung program wajib belajar 9 tahun sekaligus untuk membantu para orang tua membiayai pendidikan anak-anak mereka. Gerakan BOS ini telah berjalan semenjak 2009 silam dan masih berlangsung hingga saat ini. Dana dalam Program BOS ini dibagikan ke semua instansi pendidikan mulai SD hingga SMP. Pada tahun 2012 prosedur pemberian dana BOS diganti menjadi melewati Propinsi.
Pemberian dana BOS ini pun memerlukan laporan pertanggungjawaban secara detil yang selanjutnya akan dikirimkan ke pusat. Di permulaan program BOS ini tahun 2009, laporan masih dibuat secara manual, namun saat ini pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah membuat sebuah aplikasi online yang akan mempermudah dalam pembuatan laporan dana BOS ini. Tak hanya itu, masyarakat pun bisa ikut melihat laporan dana BOS itu. Cara cek laporan BOS online ternyata tak serumit yang dibayangkan. Beberapa pihak saat harus membuat laporan BOS online ini sering menemui sejumlah masalah disebabkan mereka tak begitu menguasai input data untuk laporan BOS secara online ini.

Untuk itu berikut ini akan dipaparkan cara menginput laporan dana BOS sekaligus cara cek laporan BOS online:

1. Pertama kali anda akses situs resmi Kemendikbud dengan alamat http://www.bos.kemdikbud.go.id. Anda akan diberikan tampilan halaman tersendiri mengenai program BOS ini.

2. Tahap berikutnya ialah pilih menu 'Pengguna Dana Perkomponen' di sebelah kiri halaman dengan meng-kliknya. Selanjutnya akan keluar halaman rekap pemanfaatan dana BOS secara nasional untuk tahun 2014. Berikutnya tentukan filter pilihan yang tersedia dimulai dari Provinsi, Kabupaten, Jenjang, Status, Sekolah serta Tahun. Pilihan disesuaikan dengan instansi sekolah yang ingin Anda ketahui.

3. Sesudah seluruh pilihan diisi dengan komplit, berikutnya di bawah kolom filter tadi terdapat tombol download dan filter. Tekan tombol download jika anda ingin melihat laporan rekapitulasi pemanfaatan uang BOS sekolah Anda, sementara tombol filter dipakai untuk mengecek apakah laporan dana BOS sekolah yang Anda inginkan sudah terinput di situs itu. Jika tidak tersedia itu artinya laporan yang diberikan via online terdahulu belum masuk atau ada kesalahan input dan hendaknya diulangi lagi mengirimkan laporan dana BOS.

Rekap penggunaan dana nasional tahun 2014 itu sendiri terdiri dari 13 komponen yang masing-masing diberikan data mulai triwulan I, triwulan II hingga triwulan IV. Ketigabelas komponen itu meliputi Pengembangan Perpustakaan, Kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru, Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler siswa, Kegiatan Ulangan dan Ujian, Pembelian bahan-bahan habis pakai, Langganan daya dan jasa, Perawatan sekolah, Pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer, Pengembangan profesi guru, Membantu siswa miskin, Pembiayaan pengelolaan BOS, Pembelian perangkat komputer dan Biaya lainnya jika seluruh komponen 1 s.d 12 telah terpenuhi pendanaannya dari BOS. Sesungguhnya tidak sulit kan menyampaikan laporan ataupun cara cek laporan BOS online menggunakan situs Kemendikbud.