Cara Cek NUPTK, Dapodik ,PTK , Data Guru

Cara Cek NUPTK, Dapodik ,PTK , Data Guru - Cara Cek NUPTK | Dapodik | PTK | Data Guru harus diketahui oleh segenap elemen pendidik. Sejalan dengan kemajuan zaman, penggunaan teknologi pun diaplikasikan ke beberapa sendi kehidupan seperti pemerintahan, perusahaan maupun berbagai instansi lain. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tampaknya pun sudah mengaplikasikan teknologi terkini untuk kepentingan pendataan guru, tenaga kependidikan maupun jumlah murid yang terdaftar di sekolah. Kemendikbud sejak 2013 kemarin mengenalkan mekanisme online untuk keperluan Data Pokok Pendidik atau disingkat Dapodik. Dapodik akan tersentralisasi pada Direktorat P2TK Diknas (Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Dapodik kecuali untuk arsip data di Kemendikbud juga difungsikan untuk rujukan ketika menerbitkan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) untuk guru.
Cara Cek NUPTK, Dapodik, Data Guru, PTK,
Baca juga : Cara Cek Sisa Kuota Internet Smartfren

Dapodik yang memuat data pendidik dan tenaga kependidikan yaitu guru dan pegawai sekolah dilengkapi pihak sekolah lewat aplikasi online yang telah diberikan Direktorat P2TK Diknas yang selanjutnya akan disimpan pada server pusat Dapodik Kemendikbud. Data sekolah, data pendidik dan data murid tercakup dalam Dapodik. Data Dapodik terus dimutakhirkan bila ada perubahan misalnya ketika tahun ajaran baru, murid pindah atau pindahan maupun kenaikan pangkat guru. Dengan Dapodik maka dimaksudkan data yang terdapat di Kemendikbud kian akurat dan tertata rapi.

Bila anda adalah seorang guru yang sudah melengkapi data anda di Dapodik dan sudah valid memiliki jam mengajar 24 jam, ada berita menyenangkan dengan sudah cairnya tunjangan profesi. Untuk pengecekan data valid atau belum, tiap guru atau pihak sekolah dapat melihat sendiri di situs P2TK Dikdas dengan alamat p2tkdikdas.kemdikbud.go.id. Bila situs itu sedang sulit diakses, tersedia sejumlah alamat lain untuk mengakses yaitu melalui URL lain dibuat P2TK Dikdas yaitu di:

http://223.27.144.195/info.php
http://223.27.144.195:8081/info.php
http://223.27.144.195:8082/info.php
http://223.27.144.195:8083/info.php

Apabila satu alamat susah diakses, gunakan alamat URL lainnya. Begitu website bisa dibuka, selanjutnya login dengan melengkapi formulir login verifikasi data PTK dengan cara mengetikkan NUPTK milik anda dengan password adalah tanggal lahir Anda menggunakan format tahun, bulan dan tanggal lahir Anda misalnya bila tanggal lahir anda adalah 1 Januari 1980, maka password yang Anda ketikkan adalah 19800101. Sesudah tahap log-in sukses, akan diperlihatkan data Dapodik Anda dan di sana tertera penjelasan data Dapodik Anda valid atau tidak. Bila data Dapodik anda sudah valid maka SK Tunjangan Profesi boleh Anda cetak. Kadangkala anda harus mengulangi login beberapa kali sampai anda berhasil masuk ke sistem. Mungkin saja beban server yang tinggi yang membuatnya sering terjadi gagal login.