Cara Install Windows 10 Lewat USB Flashdisk

Setelah melalui beberapa bulan pengujian, OS Windows 10 akhirnya tersedia. Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini membawa sejumlah perbaikan secara signifikan. Anda mungkin berencana ingin melakukan upgrade Windows lama anda ke OS terbaru ini. Microsoft memberikan banyak pilihan untuk menginstal Windows 10. Cara Install Windows 10 bisa dilakukan dari menggunakan USB stick atau lewat DVD.

Perlu diperhatikan dari cara instal Windows 10 ini yaitu kebutuhan perangkat keras dari komputer atau laptop yang akan diupgrade. Minimal agar Windows 10 bisa berjalan dengan baik adalah : prosesor dengan kecepatan minimal 1 GHz, RAM minimal 1 GB untuk prosesor 32 bit dan minimal 2 GB untuk prosesor 64 bit, ruang kosong harddisk setidaknya 20 GB, video card minimal yang mendukung resolusi 800 x 600 piksel dengan DirectX® 9 graphics processor with WDDM driver dan juga tersedia akses internet cepat.

Cara instal Windows 10 pertama adalah membuat bootable Windows 10 di USB flashdisk. Siapkan USB flashdisk dengan kapasitas minimal 4 GB. Siapkan juga program untuk membuat bootable USB flashdisk dengan menginstalnya ke komputer, gunakan program Rufus yang bisa dicari di internet. Dan juga file ISO Windows 10 yang juga bisa diperoleh di internet. Colokkan USB Flashdisk ke komputer kemudian buka Rufus. Pilih drive USB flashdisk dan pilih pula file ISO Windows 10. Klik menu start dan biarkan sampai prosesnya selesai. Tutup program Rufus, namun biarkan USB Flashdisk tetap di komputer.

Lakukan restart dan segera tekan tombol hotkey (tiap komputer beda, ada yang F2 , F4, F10, F8, F12 dan DEL) untuk mengakses menu BIOS. Masuk ke Setting Boot Order dan pilih Removable Disk sebagai pilihan pertama dan Harddisk sebagai pilihan kedua. Lalu save dan exit dari BIOS. Komputer akan melakukan restart dan muncul logo Windows 10. Saat dimunculkan nomor serial, pilih tombol Skip, kemudian untuk pilihan instalasi pilih Custom. Selanjutnya proses instal Windows 10 masuk ke tahap partisi, select Drive C sebagai lokasi menempatkan file Windows 10. Klik menu Format dan tekan Yes. Selanjutnya silahkan tekan tombol Next dan proses instalasi mulai dilakukan.

Proses dari cara instal Windows 10 ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Ketika masuk restart dan keluar logo merek komputer, cabut USB Flashdisk dari komputer. Proses restart ini berlangsung kurang lebih 10 menit. Dan sistem akan meminta kembali nomor serial dari Windows 10 ini. Pilih "Do This Later" selanjutnya akan masuk menu Settings. Klik pada tombol Use Express Settings supaya proses setting ini cepat selesai. Saat dipersilahkan login dengan akun Microsoft, pilih saja tombol Skip. Untuk halaman "Create User Accounts", ketikkan nama dan buat password atau kosongkan. Klik Next dan pengguna akan diarahkan ke halaman awal Windows 10.