Cara Daftar CPNS

Cara Daftar CPNS - Mulai 2012 cara daftar CPNS entah itu untuk pusat atau daerah diselenggarakan via online di website khusus pendaftaran online CPNS. Pengetahuan mengenai cara daftar CPNS via internet ini sangat penting sebab menjadi titik permulaan untuk dapat ikut serta dalam ujian CPNS termasuk untuk tahun 2014 ini. Untuk anda yang telah beberapa kali membuat pendaftaran online memang tak akan menemui kesulitan untuk mendaftar CPNS ini. Namun untuk anda yang tidak pernah sekalipun mendaftar CPNS via online dan berkeinginan ikut ujian CPNS 2014 naga-naganya akan bingung.
Penjelasan berikut ini merupakan prosedur pendaftaran online CPNS 2014 yang diagendakan dibuka awal Maret 2014 dan ujian CPNS 2014 akan dilaksanakan pada Juni atau Juli 2014. Pendaftaran CPNS diselenggarakan via online menggunakan situs yang dibuat tersendiri dan akan diumumkan selanjutnya oleh instansi pemerintah yang akan anda lamar. Alamat situs pendaftaran CPNS secara nasional ialah http://sscn.bkn.go.id dan masih dipakai untuk pendaftaran CPNS 2014, akan tetapi beberapa instansi pemerintah ada yang mempunyai situs pendaftaran CPNS terpisah dan tak menggunakan website BKN tadi.

Dalam website pendaftaran CPNS online ini, para pelamar diwajibkan melengkapi setiap formulir menggunakan format yang sudah tersedia secara online. Sesudah tahapan ini dilakukan maka praktis data diri anda akan terdata pada server penerimaan CPNS 2014. Para pelamar yang sudah membuat pendaftaran via internet bisa mendownload sejumlah formulir yang sudah dilengkapi tadi berupa Form Pendaftaran Online, Daftar Riwayat Hidup, Surat Pernyataan, Tanda Bukti Pendaftaran serta dokumen lain bila ada. Sesudah itu sesudah melengkapi pendaftaran online, seluruh dokumen bisa diprint, selanjutnya disatukan dengan berkas lamaran sesuai Syarat Pendaftaran CPNS yang diwajibkan tiap-tiap instansi misalnya Ijasah, fotokopi KTP/SIM yang berlaku, pas foto, surat keterangan, dan lainnya dimasukkan ke sebuah amplop dan siap dikirim.

Akan tetapi beberapa instansi pemerintah ada yang tak membutuhkan pengiriman dokumen dokumen tadi, hanya dengan me- scan dokumen yang dibutuhkan dan mengirimkannya menggunakan format softcopy. Berikutnya dokumen yang sudah dilengkapi apakah itu yang diisi via online maupun dokumen pendukung, berkas lamaran selanjutnya dikirimkan ke panitia penerimaan CPNS 2014 menggunakan alamat khusus yang selanjutnya akan diberitahukan, ataupun mengunggah dokumen bila berbentuk softcopy.

Untuk pelamar yang berkas syarat pendaftaran administrasi lengkap pastinya akan lolos seleksi berkas dan seterusnya mempunyai hak ikut serta dalam ujian tertulis TKD CPNS 2014. Untuk calon pelamar CPNS hendaknya membuat persiapan matang untuk menjalani ujian CPNS 2014 mendatang. Penerimaan CPNS 2014 diselenggarakan secara murni dan transparan tanpa permainan orang dalam. Untuk itu kalau mau lolos tes CPNS cuma satu cara yaitu dengan belajar dan membuat persiapan matang dan menguasai materi yang diujikan.