Cara Daftar Internet Banking

Cara Daftar Internet Banking - E-banking adalah layanan perbankan yang memadukan teknologi dan aktifitas perbankan. E-banking terdiri dari phone banking, mobile banking serta internet banking. Perannya serupa mesin ATM, nasabah bisa mengecek saldo, transfer uang antar rekening atau antar bank, sampai pembayaran tagihan bulanan misalnya listrik, telepon, credit card, dan lainnya. Tidak sedikit kelebihan penggunaan e-banking sebab e-banking yang pasti bebas antrian dan bisa dibuka dari mana saja selama nasabah mempunyai fasilitas penunjang e-banking tadi.
Nasabah akan diberikan kode akses ke website bank dimana tersedia fitur e-banking kepunyaan bank terkait. Kemudian, nasabah bisa login dan menjalankan kegiatan perbankan menggunakan website bank tadi. Dan berikut adalah cara daftar internet banking Bank Mandiri sebagai contoh yang kemungkinan juga hampir sama untuk bank bank lain.

1. Ketentuan pendaftaran :
Mempunyai rekening tabungan atau giro di Bank Mandiri. Bila mendaftar di ATM maka wajib mempunyai kartu Mandiri Debit sementara untuk registrasi di kantor cabang Bank Mandiri wajib memperlihatkan KTP atau SIM atau Passport atau juga KIMS sekaligus bukti kepemilikan rekening bisa berupa buku tabungan atau kartu Mandiri Debit.

2 tahap pendaftaran :
Ikuti tahap pendaftaran menggunakan salah satu cara sebagai berikut untuk memperoleh nomer Access ID dan Access Code :

- Menggunakan Mandiri ATM
Dari menu utama, pilih opsi registrasi e-banking dan kerjakan instruksi yang terdapat dalam layar ATM untuk membuat Access Code. Adapun untuk nomer Access ID adalah 16 digit nomer kartu Mandiri Debit Anda. Tidak boleh ketinggalan sesudah melakukan pendaftaran menggunakan Mandiri ATM, secepatnya minta Token pada kantor cabang Bank Mandiri lewat melengkapi form aplikasi pemakaian Token dan lakukan seperti tertera dalam buku petunjuk pemakaian yang tersedia dalam kemasan Token.

- Mendatangi kantor cabang Bank Mandiri
Lengkapi form aplikasi registrasi e-banking Mandiri Internet yang tersedia di kantor cabang, sesudah itu bank akan memberikan Access ID dikirim ke alamat email Anda dan Access Code mesti Anda ambil lagi di kantor cabang tadi beberapa hari sesudah registrasi ( Access Code diberikan menggunakan amplop rapat ). Juga biberikan Token yang sebelumnya mengisi dulu form aplikasi pemakaian Token dan lakukan tata caranya dalam buku petunjuk pemakaian yang tersedia dalam dos kemasan Token.

3. Aktivasi Mandiri Internet dan Token
Masuk ke website Bank Mandiri di alamat https://www.bankmandiri.co.id, klik tombol aktivasi dan isikan nomer Access ID dan Access Code yang diterima dari bank sesudah Anda membuat pendaftaran di ATM ataupun kantor cabang Bank Mandiri. Sesudah itu ciptakan sendiri User ID dan PIN Internet Banking Mandiri Anda agar dapat masuk ke layanan Internet Banking Mandiri. Untuk aktivasi Token, tekan tab Login dan pilih menu administrasi kemudian pilih Aktivasi Token PIN Mandiri.