Cara Daftar NISN

Cara Daftar NISN - NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah sebuah kode identitas pengenal diri yang berlainan untuk setiap siswa di semua sekolah di Indonesia. Setiap siswa harus mempunyai NISN. Kode identitas NISN bagi siswa diciptakan menurut pengajuan atau data valid dan telah diverifikasi via online dari setiap sekolah maupun dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dikarenakan program ini merupakan program baru, masih ada sejumlah pertanyaan tentang NISN diantaranya tata cara daftar NISN baru.
cara daftar nisn baru,nisn online,nisn mi,nisn terbaru,daftar nisn smp,
baca juga : Cara Daftar Line

NISN adalah sistem manajemen nomor induk siswa secara nasional yang ditangani Pusat Data dan Statistik Kemdiknas sebagai elemen dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. NISN memakai komputerisasi terpusat via online untuk penataan nomor induk siswa tingkat nasional menurut Standar Pengkodean tertentu.

Selanjutnya akan dijelaskan sekilas tentang bagaimana cara daftar NISN. Pertama-tama unduh dulu form pengajuan A1 pada alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4. Pengajuan NISN baru tersebut cuma dapat dilakukan oleh siswa kelas 1, 7 serta 10 saja. Tuliskan pada tiap kolom dengan data yang diperlukan dengan betul dan lengkap. Kabupaten/kota ditulis nama kabupaten tempat sekolah berlokasi. Begitupun untuk provinsi. Sementara NSPN dilengkapi menurut Nomor Pokok Sekolah Nasional dimana siswa terdaftar maupun aktif di sekolah itu. Sebagai informasi pribadi dituliskan menurut yang tertera pada akte kelahiran misalnya tempat dan tanggal lahir.

Nama siswa jangan disingkat dan tak bisa memanfaatkan tanda baca. Pengisian kelas atau tingkat menggunakan angka dan bukan huruf romawi, contohnya 1,2,…dan seterusnya. Pada jenis kelamin pilih Nomer 1 untuk laki-laki dan nomer 2 untuk perempuan. Untuk agama digunakan angkanya saja. Masukkan nama ibu dengan tidak ditambah gelar maupun jabatan. Sesudah diisi seluruhnya, cara daftar NISN berikutnya ialah form tadi ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhkan stempel. Scan form yang telah ditandatangani dan distempel tadi dan simpan menggunakan format pdf. Selanjutnya kirim melalui e-mail ke alamat nisn_pdsp@yahoo.com dengan judul subject “Pengajuan NISN Baru SDN (nama sekolah).

Sesudah selesai dikerjakan, terdapat sejumlah hal yang harus diingat. Untuk mengirimkan file registrasi NISN, format file yang dipakai boleh juga menggunakan format Ms Excel atau pdf dan tak menggunakan format zip atau rar. Kegunaan NISN ini adalah untuk mempermudah untuk mengidentifikasi setiap murid yang terdapat di seluruh daerah di Indonesia dengan standar tertentu. Di samping itu NISN pun dipakai menjadi sistem penunjang pada program Dapodi untuk meningkatkan dan mengimplementasikan program perencanaan pendidikan dan program pendidikan lainnya entah itu pada level pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai sekolah.