7 Langkah Praktis Cara Cek Zippo Asli

7 Langkah Praktis Cara Cek Zippo Asli - Dari catatan sejarah, pemalsuan korek api merek Zippo pertama kali muncul tahun 1941 di Amerika Serikat. Antara tahun 1941 hingga 1943 Zippo cuma mensuplai semua produk korek api ini ke sejumlah pos militer Amerika yang tengah berperang. Ketika itu demand korek api Zippo sangat besar, sementara barang tak tersedia di pasaran, yang akhirnya dimanfaatkan sejumlah orang untuk membuat tiruannya.
Bila anda ingin membeli Zippo, bagaimana cara cek Zippo asli? Pada website klub Zippo, jawaban yang sering diberikan saat seseorang bertanya cara membedakan Zippo asli dengan yang palsu hanya "Beli saja pada lokasi terpercaya" atau "Beli dahulu Zippo asli, pasti akan paham sendiri" ataupun juga "Tanyakan ke teman yang mempunyai Zippo asli".

Mutu korek api Zippo palsu juga bermacam-macam. Ada Zippo KW 3 dan ada juga Zippo KW Super. Semuanya butuh ketelitian untuk membedakannya. Lalu bagaimana sih cara cek Zippo asli dari yang palsu? Berikut tips kecil untuk membedakannya :

1. Bahan casing luar Zippo. Bahan penutup korek api Zippo diproduksi dari material kuningan, apa saja warna akhir yang diberikan. Korek api Zippo palsu seringnya dibuat dari bahan besi babet ataupun alloy kuningan bermutu buruk.

2. Mutu chrome pada casing Zippo. Untuk Zippo tiruan umumnya, tingkat kilap chrome pada casing tak seperti kilap Zippo original. Zippo imitasi lebih mengkilap dan tampak murahan. Pelapis chrome Zippo palsu acapkali tampak tidak rata, sementara korek api Zippo yang asli, kualitas proses chrome merata.

3. Mutu cetakan huruf di sebelah bawah tubuh Zippo. Pembeda yang satu ini untuk Zippo palsu super pun tidak mampu menandingi mutu cetakan huruf Zippo yang orisinal.

4. Bahan Insert Zippo. Bahan Insert Zippo asli terbuat dari material baja pres yang selanjutnya dilakukan proses chrome. Untuk Zippo imitasi, dapat diamati kilap bahannya agak buram dibanding Zippo asli.

5. Detil garis pada bagian samping roda pemantik Zippo. Di sebelah kanan roda pemantik Zippo asli ditemukan pola garis tertentu. Sementara Zippo yang KW, ornamen hanya berupa strip kecil.

6. Gerigi pada roda pemantik Zippo. Untuk Zippo asli jika diamati sekilas akan tampak alur gerigi yang melintang, sementara untuk Zippo tiruan, alur gerigi di roda pemantik terlihat lurus.

7. Harga Zippo. Seringnya korek api Zippo imitasi yang dijajakan pada beberapa konter di mal ataupun toko kecil yang menjual Zippo palsu dengan tulisan Zippo serta trsedia kotak kemasan Zippo mempunyai rentang harga antara Rp.90.000 hingga 150.000. Akan tetapi ada pula pedagang yang melego korek api Zippo KW super berharga setara dengan harga Zippo asli yaitu sekitar 500 ribuan.