Cara Cek Windows 32 Bit Atau 64 Bit Nggak Pake Sulit

Cara Cek Windows 32 Bit Atau 64 Bit Nggak Pake Sulit - Memastikan sistem Windows yang digunakan di komputer berguna untuk Anda yang hendak melakukan upgrade ataupun akan merakit komputer. Contohnya Anda hendak memperbesar ukuran RAM, harus tahu berapa bit Windows yang terinstal. Di samping itu, Anda pun harus tahu versi bit Windows Anda sebelum melakukan instalasi Game atau program khusus. Anda pun mesti paham hal itu saat hendak mengunduh driver hardware. Driver Windows 64 bit pastinya tak dapat berfungsi di Windows 32 bit. Sistem operasi Windows 32 bit tak akan mampu mengenali RAM yang terinstal melebihi 4 GB, artinya bila hendak memperbesar ukuran RAM, Anda harus mengetahui lebih dulu.
Untuk itu anda harus tahu cara cek Windows 32 Bit Atau 64 Bit yang anda gunakan seperti berikut ini :

1. Windows 8
Pilih menu 'Power User'. Kemudian klik key ? Win + X untuk mengakses menu, selanjutnya tekan menu 'System'.
Temukanlah 'System Type', yang berada di bawah 'System'. Akan tertulis, apakah komputer anda menggunakan Windows 32 bit atau yang 64 bit. Anda pun dapat meng-instal Windows 8 di komputer ber-processor 32 Bit atau 64Bit. Klik saja menu 'System' - 'System Type' akan tertulis x86 bila processor-nya adalah 32 Bit, dan x64 bila processor-nya 64Bit.

2. Windows 7 dan Windows Vista
Pilih menu 'Start', selanjutnya klik kanan. Tekan menu 'Properties' untuk mengakses 'System Information'. Anda akan menjumpai tulisan 32bit atau 64bit di sana. Anda dapat memakai Windows 32bit di komputer ber-prosesor 64 bit. Untuk mengenalinya, buka menu 'System Information', selanjutnya tekan menu 'Device Manager'. Klik processor yang tersedia pada daftar sebelah kiri. Tekan tanda '+' untuk menampilkan segala sesuatu yang terdapat dalam kategori. Double klik pada prosesor. Bila Anda menjumpai ada lebih dari satu processor yang serupa yang tertera, itu artinya komputer Anda mengoperasikan processor multi core. Klik tombol 'Details', kemudian 'Hardware Ids' yang terdapat pada menu drop down . Apabila Anda menjumpai tulisan x86, itu berarti komputer Anda menggunakan processor 32bit. Atau bila Anda menjumpai intel64, itu artinya sistem operasi Windows komputer anda 64bit.

3. Windows XP
Klik menu 'Start', kemudian klik kanan tombol 'My Computer' - 'Properties'. klik tab 'General' serta
Cek daftar yang terdapat di menu 'System'. Kalau menggunakan Windows 64bit, akan tertulis 'Windows XP Professional/Home Edition x64'. Bila cuma tertera 'Windows XP Professional/Home', maka komputer Anda menggunakan Windows 32bit. Anda pun dapat mengakses menu 'Run'untuk kemudian ketikkan 'winmsd.exe' selanjutnya klik Enter. Tekan menu 'System Summary' di box samping kiri. Pada box samping kanan, temukan' Processor'. Kalau tertera processor x86, itu artinya 32bit dan bila IA-64 ataupun AMD-64, itu artinya 64bit .
LihatTutupKomentar