Mudahnya Cara Cek RAM Laptop

Mudahnya Cara Cek RAM Laptop - Random Acces Memory atau disingkat RAM ialah satu diantara hardware komputer atau laptop yang akan menentukan performa sebuah laptop atau PC. Sehingga, banyak pengguna laptop yang rutin mengecek RAM perangkat mereka bila performa laptopnya sudah mulai menurun. Untuk laptop produksi terbaru, kapasitas RAM yang dimiliki biasanya masih standar yakni berukuran 512 MB ataupun 1 GB. Bersama ukuran RAM ukuran standar tadi, sebenarnya sudah cukup memadai bila digunakan untuk bekerja. Namun dengan makin seringnya penggunaan, kapasitas RAM bisa saja semakin berkurang, untuk itu anda harus tahu cara cek RAM laptop anda.
cara cek ram laptop ddr,cara cek ram laptop windows 8,cara cek ram laptop windows 7,
baca juga : Cara Daftar Zalora

RAM pada sebuah laptop memiliki peranan menyimpan data sementara, yakni saat anda menggunakan laptop. Sebagian pengguna mungkin sudah tahu cara cek RAM laptop sebab umumnya mereka akan melihat sisa RAM bila performa laptop mulai melambat. Bila dirasa perlu mereka pun akan mengganti RAM lama dengan RAM baru yang mempunyai kapasitas lebih besar. Namun, bila anda tak tahu atau lupa cara cek RAM laptop, anda boleh melakukan beberapa langkah seperti yang berikut ini:

- Klik menu start di laptop anda.
- Pilih menu 'Run'. Menu ‘Run’ dapat anda jumpai saat anda menekan pilihan ‘All Programs’, selanjutnya akan terlihat barisan program yang terinstal pada laptop anda diantaranya juga program yang tengah anda cari.
- Bila menu 'Run sudah terlihat, selanjutnya anda dapat mengetikkan pada kolom ‘Open’ dengan dxdiag. Selanjutnya klik OK.
- Maka tak butuh waktu lama penjelasan mengenai sisa RAM laptop anda akan ditampilkan.

Kenapa sih anda mesti memahami cara cek RAM laptop?. Bila pertanyaan tersebut terlintas di pikiran anda, jawabnya ialah untuk menjadikan performa laptop yang anda pakai itu menjadi lebih cepat. Saat kapasitas RAM anda hanya tersisa sedikit, tentu performa kerja laptop akan lemot. Bila itu terjadi maka anda dapat menghapus data yang tidak dibutuhkan lagi. Anda pun dapat memperbesar Kapasitas RAM agar unjuk kerjanya agar makin cepat kendati anda sedang menjalankan beberapa program sekaligus. Lebih-lebih, era sekarang ini banyak pengguna laptop yang memakai perangkatnya untuk menjalankan berbagai program ukuran besar untuk membantu pekerjaannya. Itu artinya mereka tentu memerlukan RAM dengan ukuran besar bila mau laptopnya bisa bekerja dengan optimal.

Upgrade RAM pun sangat berguna terutama bagi penggila game yang umumnya memakai laptopnya untuk memainkan game terbaru. Game terbaru seringnya mempunyai ukuran file segede gajah yang pastinya membutuhkan kapasitas RAM besar untuk mengimbanginya.Bila tetap memaksakan RAM standar, maka laptop anda akan hang saat game dijalankan. Akan lain bila anda cuma memanfaatkan laptop itu untuk pekerjaan kantor maupun pekerjaan komputasi ringan, RAM yang memiliki ukuran 512 MB ataupun 1 GB pun tidak menjadi soal.