Praktisnya 2 Cara Cek Tagihan Listrik Anda

Praktisnya 2 Cara Cek Tagihan Listrik Anda - Listrik sangat penting dalam kehidupan sebab listrik adalah sumber utama daya untuk menyalakan lampu ataupun bermacam peralatan elektronik. Listrik bisa kita gunakan dengan membayar tagihan listrik tiap sebulan penggunaan. Ini berlaku untuk pengguna listrik pasca bayar. Mengecek tagihan listrik sejak awal tentunya akan mempermudah anda untuk mengendalikan penggunaan listrik, dengan begitu anda dapat memperkirakan tagihan yang akan anda bayarkan. Lantas bagaimana cara cek tagihan listrik bila anda cuma tahu melunasinya pada akhir bulan saja, haruskah anda mendatangi kantor PLN ?
cara cek tagihan listrik bulanan,cara cek tagihan listrik pasca bayar,cara cek tagihan listrik token,cara cek tagihan listrik di android,cara cek tagihan listrik online,
baca juga : Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Peserta Jamsostek

Pada abad modern seperti saat ini anda tak usah risau bagaimana cara praktis memeriksa biaya listrik anda. Ada beberapa cara untuk cek tagihan listrik yang mudah dan praktis. Saat ini memang eranya serba cepat bersama hadirnya teknologi informasi yang canggih. Dan PLN pun tak mau ketinggalan dengan mengaplikasikan perkembangan teknologi untuk mempermudah pelayanan kepada pelanggan mereka. Setidaknya hingga sekarang ini pihak PLN sudah memberlakukan 3 cara untuk memeriksa tagihan listrik yaitu :

1. Via SMS
Pertama adalah menggunakan sarana pesan singkat, PLN menyiapkan 2 cara lewat sarana SMS yakni cuma memeriksa tagihan listrik pada bulan tertentu dan yang kedua dengan langganan. Bila konsumen ingin berlangganan maka tiap-tiap bulan Anda bakal diberikan SMS notifikasi beban tagihan listrik pada bulan berjalan. Anda dapat memeriksa tagihan listrik dengan mengirim pesan singkat berformat: REKNo ID Pelanggan kemudian dikirimkan ke nomer 8123. Adapun bila ingin langganan SMS notifikasi setiap bulan, Anda dapat mengirim SMS berformat: PLNONNo ID Pelanggan selanjutnya dikirimkan ke nomer 8123. Metode tadi berguna untuk provider Indosat, Telkomsel, Telkom Flexi dan Esia. SMS yang anda kirimkan untuk mengetahui tagihan listrik akan dibebankan tarif Rp.500 tiap-tiap SMS. Kalau anda berkeinginan berhenti langganan SMS tagihan listrik, anda cukup menuliskan SMS dengan format PLOFFID pelanggan kemudian kirimkan ke nomer 8123.

2. Via Online
Cara kedua adalah via internet. Guna mengecek tagihan listrik, anda cukup mengakses situs PLN pada alamat www.pln.co.id. Sesudah ter-load sempurna, lihatlah sisi kanan halaman situs itu, anda akan melihat form layanan online di situ. Masukkan ID pelanggan yang anda punyai kemudian tekan tombol cek. Tak butuh waktu lama akan muncul penjelasan mengenai beban biaya tagihan listrik anda untuk bulan ini. Tak cuma itu saja, anda pun dapat melihat tagihan listrik bulan kemarin maupun beberapa bulan lalu dengan menentukan bulan yang anda kehendaki di bawah kolom nama dan ID pelanggan anda.

Ternyata cara cek tagihan listrik cukup mudah dan cepat. Dengan mengetahui tagihan listrik sejak awal bulan, maka anda dapat mengerem penggunaan bila dirasa tagihan bulan berjalan akan melampaui anggaran yang anda sediakan untuk pos anggaran listrik.