Prosedur Cara Cek Gula Darah Sendiri

Prosedur Cara Cek Gula Darah Sendiri - Guna memastikan ambang normal kadar gula tubuh ternyata bisa dikerjakan sendiri memakai alat ukur gula darah yang dinamakan glucometer. Tingkatan gula darah tubuh seseorang akan selalu berubah-ubah setiap waktu, contohnya sesudah bersantap, kadar gula tubuh akan naik yang tergantung pula dengan menu makanan yang disantap sebab tiap makanan memiliki kadar glukosa berbeda. Sehingga disarankan untuk rutin mengerjakan pengukuran gula darah sendiri. Cara cek gula darah sendiri saat ini mudah sekali dilakukan. Dengan selalu memonitor konsentrasi glukosa darah maka akan mempertahankan tekanan darah yang tak meninggi. Hal tersebut penting terutama untuk penderita diabetes.
alat cek gula darah,cek gula darah puasa,cek gula darah acak,cek gula darah gratis,cek gula darah di apotik,cek gula darah asam urat kolesterol,cek gula darah omron,
baca juga : 2 Cara Cek MAC Address Laptop

Konsentrasi gula darah dapat disebut normal bila tak melebihi angka 200mg/dl. Nilai itu dicek 2 jam sesudah makan. Itu artinya jika dicek sebelum makan nilainya harus kurang dari 200mg/dl. Sebetulnya mengukur kadar gula darah mudah saja, seperti langkah-langkahnya berikut ini :

- Sediakan peranti yang dibutuhkan yaitu Glucometer, alkohol dan kapas, jarum tusuk, alat penusuk dan test strip. Jika tak tersedia Glucometer, anda bisa membelinya di toko peralatan kesehatan ataupun apotek seharga 300 ribuan.

- Cek bahwa tangan Anda bersih, untuk itu cuci tangan anda lebih dulu agar tak terjadi kontaminasi saat memakai peralatan.

- Sediakan jarum tusuk baru yang steril, selanjutnya tempatkan pada alat penusuk. Harus diingat bahwa jarum tusuk cuma boleh dipakai satu kali. Tentukan ujung jari yang mau ditusuk, hendaknya tidak memilih ibu jari ataupun kelingking. Sebelumnya bersihkan ujung jari memakai kapas yang dibasahi dengan alkohol demi mengantisipasi terjadinya infeksi. Tusukkan jarum ke ujung jari, biarkan hingga keluar darah merah di ujung jari. Jika darah keluar cuma sedikit, tekan perlahan ujung jari agar darah keluar lebih banyak.

- Tempatkan test strip dalam alat Glucometer. Harus diperhatikan jika test strip sudah kadaluarsa hendaknya tidak usah dipakai sebab akan memberi pengaruh pada hasil yang tak tepat. Test strip dibasahi darah Anda tadi di sisi ujung. Mesti dicermati saat melekatkan ujung test strip jangan melewati batas yang telah ditentukan pada test strip itu.

- Alat Glucometer akan berfungsi ditandai dengan terlihatnya hitungan waktu hingga memperlihatkan hasil pengukuran. Sembari menantikan hasil test, cuci ujung jari menggunakan kapas ber-alkohol. Hal tersebut termasuk standar medis guna melindungi dari peluang terjadinya infeksi.

- Hasil test akan terlihat yang memperlihatkan angka konsentrasi gula darah yang terdapat di tubuh Anda. Cocokkan dengan patokan kadar normal. Menggunakan hasil test tadi Anda bisa mengecek tingkat gula darah dalam tubuh anda, bila melampaui batas normal sesudah pengukuran kadar gula darah ditempuh, ada baiknya Anda secepatnya berkonsultasi dengan dokter guna memperoleh penanganan semestinya.