Bagaimana Cara Cek IMEI di Ponsel Anda

Bagaimana Cara Cek IMEI di Ponsel Anda - Langkah memblokir handphone yang bakal ditempuh pemerintah demi mengurangi perdagangan handphone ilegal agak membuat resah masyarakat. Hal tersebut disebabkan publik awam tentang cara memastikan handphone mereka termasuk legal atau ilegal. Satu diantara metode dalam memblokir handphone ilegal adalah dengan mengenali nomer IMEI. Nomer IMEI atau kepanjangan dari The International Mobile Station Equipment Identity adalah identitas yang ada di tiap handphone yang dijual di seluruh dunia. Produsen handphone tak akan mungkin merilis ponsel yang mempunyai IMEI ganda selain dari kemungkinan handphone merek itu dipalsukan.
cara cek imei hp,cara cek imei hp lenovo,cara cek imei hp smartfren,cara cek imei hp asli,cara cek imei hp samsung s4,cara cek imei hp blackberry,cara cek imei hp asus,imei hp nokia,
baca juga : Cara Cek Sisa Kuota Internet Indosat

Maka itu cara cek IMEI di ponsel Anda mesti anda ketahui agar dapat dengan dini mengecek apakah IMEI handphone anda asli atau tidak. Caranya pun gampang seperti dijelaskan berikut ini :

IMEI umumnya diprint dengan jelas di belakang badan ponsel. Sehingga, bila di bagian belakang ponsel Anda tidak tercantum 15 digit nomer IMEI, mungkin saja handphone anda adalah handphone tiruan. Akan tetapi, itu tidaklah satu-satunya cara mengecek orisinalitas IMEI.

Cara cek IMEI berikutnya ialah dengan dial ke nomer *#06# di handphone Anda. Selanjutnya secara otomatis akan muncul deretan 15 angka IMEI handphone itu. Sesudah IMEI diperoleh, secepatnya cek keaslian nomer itu. Hal tersebut dapat ditempuh dengan mengeceknya via internet menggunakan layanan yang diberikan oleh website NumberingPlans.com. Sesudah mengakses website itu, selanjutnya akan tersedia kolom dengan tulisan 'Enter IMEI number below'. Ketikkan 15 digit IMEI yang Anda peroleh tadi pada kolom itu. Terus klik tombol 'Analyse'. Di situ akan keluar semua data tentang handphone Anda. Dimulai dari vendor pembuatnya, tipe handphone sampai tanggal penjualan juga tertera dengan detil di situ.
   
Coba anda bandingkan data tersebut dengan handphone yang Anda punya. Kalau sesuai, tentu handphone Anda sudah nyata keasliannya dan tidak mungkin akan dihentikan koneksi signal-nya oleh pemerintah. Sedangkan bila ternyata info pada website tersebut tidak sesuai dengan handphone Anda, boleh jadi handphone yang anda beli itu palsu. Secepatnya anda tanyakan tentang hal tersebut ke toko di mana Anda membeli handphone tadi sebelum semuanya terlambat.

Diberitakan bahwa paling tidak 50 juta handphone akan dinonaktifkan sinyal seluler mereka sesudah Kementerian Komunikasi dan Informatika bersinergi dengan Kementerian Perdagangan sekaligus beberapa pimpinan provider telekomunikasi menyetujui langkah memblokir IMEI handphone ilegal. Hal itu dikatakan oleh Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan yang menyatakan bahwa terdapat kurang lebih 10 - 15 % atau kurang lebih 50 juta telepon genggam yang digunakan di Indonesia terdeteksi memiliki nomer IMEI unlegitimated.

Bila cara cek IMEI di ponsel anda mudah, kenapa anda tak segera mengeceknya sekarang juga. Anda tentu tak ingin ponsel anda tiba-tiba tak bisa digunakan gara-gara terindikasi sebagai ponsel ilegal. Nah,..lho!