Cara Cek Flashdisk Dari Kerusakan Secara Cepat

Peranti Flashdisk adalah salah satu sarana penyimpanan data dengan kapasitas tertentu yang biasanya dengan satuan gigabyte (GB). Flashdisk ini menggantikan kegunaan disket yang pada masa lalu kerap digunakan untuk menaruh data. Flashdisk memiliki ukuran mungil dengan bentuk bermacam-macam sehingga menggoda kebanyakan orang untuk memilikinya. Ada yang memiliki bentuk miniatur mobil, logo tim sepak bola, tokoh kartun dsb. Namun bentuknya yang imut itu pun menjadikannya ringkih untuk timbulnya kerusakan. Bila anda mempunyai Flashdisk dengan tanda-tanda kerusakan maka anda harus mengetahui cara cek Flashdisk dari kerusakan untuk memastikan.
Cara Cek Flashdisk, Cara Cek, Cara Cek Flashdisk Dari Kerusakan,
Baca juga : Cara cek flash player

Macam kerusakan Flashdisk ada beberapa macam, contohnya Flashdisk bisa terdeteksi komputer namun kapasitas yang tertera 0 byte, Flashdisk tak dapat diformat ataupun Flashdisk yang tak terdeteksi komputer. Cara cara menangani masalah Flashdisk tersebut, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini :

1. Cek Flashdisk dengan menancapkannya pada komputer lain
Sebelum memutuskan membeli Flashdisk baru, cobalah dulu menancapkan Flashdisk lama anda pada komputer lain. Jika komputer lain itu bisa mengenali Flashdisk itu maka kemungkinan kerusakan tidak dari Flashdisk, namun mungkin ada masalah di konektor USB komputer ataupun sistem komputer. Sementara jika Flashdisk tetap tak terdeteksi atau error itu artinya Flashdisk anda sudah rusak dan memerlukan tindakan perbaikan.

2. Penanganan Flashdisk terindikasi rusak
Jika Flashdisk tak dikenali komputer itu artinya Flashdisk tak bisa dilakukan formatting. Cara cek Flashdisk rusak ini dapat memakai aplikasi yang tersedia di internet, misalnya Drive Boot Utility. Pakai software itu untuk memformat Flashdisk layaknya melakukan formatting dari komputer. Selanjutnya masalah lain misalnya ukuran ruang simpan data yang 0 byte. Pada kerusakan semacam itu bisa memanfaatkan software USB repair untuk penanganan Flashdisk. Aktifkan aplikasi tadi untuk melacak ulang jika Flashdisk mengalami kerusakan.

3. Penanganan data di dalamnya.
Anda masih bisa menyelamatkan data yang ada dalam Flashdisk rusak anda memakai aplikasi file recovery yang bisa didownload gratis di internet. Ada beberapa jenis file serta jenis kerusakan Flashdisk yang bisa dilakukan recovery dan diperbaiki dengan memanfaatkan software tertentu. Anda bisa mencoba menggunakan software versi gratis. Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan beberapa kali klik, dan software akan memindai file yang ada dalam Flashdisk anda. Untuk pilihan deep scanning biasanya membutuhkan waktu agak lama.

Jika sudah memakai beraneka macam software ataupun teknik tertentu dan masih tidak juga bisa menangani kerusakan itu, boleh jadi kerusakan ditemukan di hardware Flashdisk anda sehingga kecil kemungkinan data yang ada di dalamnya bisa terselamatkan. Anda perlu membeli Flashdisk baru atau anda pun bisa mengklaim garansi Flashdisk anda ke penjual. Biasanya garansi Flashdisk adalah lifetime.