Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, Dan SMA Mudah Dan Cepat

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, Dan SMA Mudah Dan Cepat - Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah bentuk manajemen nomor induk siswa secara nasional yang ditangani Pusat Data dan Statistik Kementrian Pendidikan Nasional sebagai komponen Dapodik (Data Pokok Pendidikan). NISN memberlakukan komputerisasi terpusat secara online menurut standar pengkodean tertentu. Tiap-tiap siswa yang teregistrasi akan memperoleh kode pengenal identitas siswa yang standar, unik dan digunakan selamanya. NISN ini akan membedakan siswa yang satu dengan siswa lain di seluruh Indonesia.
cara cek nisn siswa,cara cek nisn siswa lama,cara mencari nisn siswa sd,cek nisn siswa satu sekolah,cek nisn siswa berdasarkan npsn sekolah,cek nisn siswa,
baca juga : Cara Cek Poin Axis, Telkomsel dan Indosat

Pengecekan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) untuk siswa SD, SMP dan SMA via internet dapat dilakukan mulai saat ini. Kementerian Pendidikan telah membuat situs tersendiri untuk mengecek NISN untuk memfasilitasi kalangan siswa melihat NISN mereka sendiri. Biarpun baru dalam fase pengenalan, akan tetapi setidaknya akan membantu. NISN tiap-tiap siswa tak akan sama satu sama lain.

NISN siswa ini selanjutnya akan terus dipakai mulai SD,SMP dan SMA negeri dan swasta. Sehingga bila siswa telah memiliki NISN SD contohnya, maka saat SMP maupun SMA NISN mereka tak akan berubah persis sama dengan NISN SD. Di situs resmi Kementerian Pendidikan yang memiliki alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id ini para siswa pun dapat melakukan pendaftaran atau cuma ingin mengetahui NISN mereka atau sekedar mengetahui permasalahan yang kerap terjadi berkenaan dengan NISN ini.

Cara cek NISN siswa SD, SMP, dan SMA mula-mula para siswa atau wali murid dapat mengakses situs resmi Kemendiknas di alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data. Apabila para siswa sudah memiliki NISN, maka pada kolom yang tersedia dapat menggunakan menu "Pencarian Berdasarkan NISN". Akan tetapi jika siswa tak tahu NISN mereka, pilih saja menu "Pencarian Berdasarkan Nama". Masukkan nama lengkap, tempat lahir dan tanggal lahir secara betul, selanjutnya klik tombol 'Cari'. Tak perlu waktu lama, apabila NISN mereka memang telah terdaftar maka mereka akan bisa memperoleh rincian data siswa yang telah dimasukkan ke NISN ini.

Jika belum ada dalam daftar, maka bisa menghubungi kontak menu 'Kontak Kami' yang mempunyai alamat: PUSAT DATA DAN STATISTIK PENDIDIKAN Gedung E Lantai 1 Jalan Jenderal Sudirman Senayan, Jakarta 10270 Telp. (021) 57905777
(021) 57904804 Website: www.pdsp.kemdiknas.go.id Email: pdsp@kemdikbud.go.id.

Sementara untuk menyelesaikan sejumlah persoalan misal terjadinya NISN ganda, NISN yang tidak tercantum, langkah mengoreksi NISN yang sudah terdaftar, dan sejumlah persoalan lain sekitar NISN ini, para siswa dapat mengakses alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/8 . Untuk pihak sekolah yang hendak meregistrasikan NISN siswa mereka, bisa mengakses http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4 dan lakukan instruksi yang diberikan pada situs resmi NISN tersebut.