Cara Mudah Cek Driver Komputer Yang Belum Terinstal

Cek Driver Komputer - Terkadang sesudah OS Windows kelar di-instal, selanjutnya diteruskan dengan melakukan instalasi driver supaya semua hardware dapat bekerja dengan normal. Kendati begitu sesudah seluruh driver komputer usai kita pasang akan tetapi masih terjadi beberapa hardware yang tak bisa berjalan atau berfungsi dengan semestinya, contohnya sound. Sudah pasti bila driver file audio corrupt, komputer atau laptop tak bakal menghasilkan bunyi saat anda memainkan lagu dan atau memutar file video.
Cek Driver Komputer,Cara Cek,software cek driver komputer,artikel cek driver komputer,computer driver check,cara mengetahui driver komputer,cek driver online free,cek driver laptop,cek driver update,
Terkait : cara cek tagihan Speedy

Kebanyakan file driver corrupt disebabkan terhapus dengan sengaja ataupun tidak. Mungkin juga dengan tidak kita sadari terhapus oleh program antivirus yang anda fungsikan, sebab kadang-kadang ada beberapa driver yang dianggap virus oleh program antivirus. Melihat hal itu, boleh jadi dari kebanyakan pemakai komputer ada yang tidak paham sama sekali bagaimana cara cek driver komputer yang belum terpasang dalam operating system Windows yang digunakan.

Selanjutnya ini adalah sejumlah cara tentang cara cek driver komputer sekaligus update driver di komputer yang anda gunakan:

- Arahkan mouse dan klik kanan di ikon 'My Computer'.
- Selanjutnya klik pada menu 'Properties'.
- Di tab 'System Properties', klik pilihan menu 'Hardware'.
- Selanjutnya klik pilihan 'Device Manager' maka sesudah itu akan muncul jendela Device Manager.
- Guna mengecek driver yang belum terpasang umumnya ditandai dengan tanda tanya (?) Dengan warna kuning tebal.
- Pilih salah satu driver dengan tanda tanya kuning itu dan klik kanan mouse, pilih menu 'Properties'. Jendela Properties akan hadir. Pilih tombol 'Details' selanjutnya pilih tombol 'ID Device'. Berikutnya copy 'ID Device' itu.
- Cara cek driver komputer selanjutnya ialah mengakses situs http://devid.info dan pastekan ID Device yang tadinya sudah anda copy ke dalam kolom Device ID, klik OK.
- Sejumlah pilihan driver akan tersedia yang bisa anda pilih dan selanjutnya mendownloadnya untuk dipasangkan di komputer anda.

Selain cara cek Driver komputer di atas, ada juga program untuk melacak driver komputer yang belum terinstal. Kebanyakan program itu tak sebatas mengenali driver yang belum terpasang namun juga memberikan link download driver yang terdeteksi. Syarat menggunakannya pastikan komputer anda tersambung ke internet. Salah satu software yang ampuh mendeteksi driver komputer itu adalah Drivermax.

Perangkat lunak ini dapat dipakai untuk melacak driver jika versi softwarenya terbaru. Maksudnya bila anda meng-instal software versi lama, otomatis ketika dijalankan untuk mengenali driver, program itu akan meminta update. Sehingga sebaiknya anda mendownload program Drivermax terbaru dengan mengunjungi http://www.drivermax.com/download.htm. Di samping untuk melacak driver sebuah komputer, program ini pun dapat dimanfaatkan untuk melakukan backup and restore driver, sehingga bila suatu saat anda meng-instal ulang Windows anda, maka tinggal me-restore driver yang sudah anda backup terdahulu.