Cara Daftar SSH

Cara Daftar SSH - SSH atau Secure Shell adalah protokol jaringan yang mengijinkan pertukaran data menggunakan kanal aman antara dua peranti networking. Mayoritas SSH dipakai oleh kalangan pemakai sistem operasi Linux dan Unix. SSH sendiri dibuat untuk mengambil alih aplikasi Telnet dan Shell remote yang dianggap sudah tak aman sebab kerap mentransfer data khususnya password berbentuk teks sederhana sehingga bisa mudah dikenali. SSH memakai enkripsi yang memberikan kerahasiaan dan integritas data lewat jaringan aman. Terus apakah setiap orang dapat mempunyai account SSH untuk pribadi? Bagaimana cara daftar SSH yang mudah dan gratis?
Pasti lah semua orang boleh mempunyai account SSH perseorangan namun account ini bisa terputus kapan saja bila Anda tak kerap kerap memeriksanya. Cara daftar SSH sesungguhnya tak begitu susah dengan syarat Anda mempunyai akses internet yang lumayan cepat. Account SSH bisa diperoleh dengan gratis di beberapa layanan SSH yang bertebaran di internet. Kali ini kita akan memperoleh akun SSH gratis di Cjb.net. Daftar dan ciptakan lebih dulu account Cjb.net Anda dengan mengakses alamat http://shell.cjb.net/signup. Lengkapi formulir yang tersedia yakni username yang hendak Anda pakai dan juga password, berikutnya klik tombol 'continue'. Bila sukses umumnya akan terlihat kalimat “Your shell account has been created and will be active in a few minutes”, tunggu saja sebentar. Setelah beberapa saat coba koneksikan account SSH yang selesai Anda buat tadi menggunakan Bitvise SSH. Bila berhasil itu artinya account SSH Anda sudah aktif dan bisa digunakan.

Kembali membahas kegunaan SSH bagi anda yang masih juga bingung. SSH merupakan sebuah program sebagai pengganti remote log-in semacam telnet, rsh, maupun rlogin namun lebih aman. Dibuat kali pertama oleh OpenBSD project dan selanjutnya versi rilis p (port) dikembangkan oleh team porting pada platform lain, tak terkecuali operating system Linux. Kegunaan utama program ini ialah untuk mengakses mesin via remote. Akses remote yang dapat digunakan ialah akses mode teks ataupun mode grafis/X jika konfigurasi membolehkannya. Aplikasi scp sebagai bagian dari SSH merupakan aplikasi pengganti rcp yang lebih aman. Aplikasi lain ialah sftp yang bisa dipakai untuk menggantikan ftp.

Menggunakan SSH, seluruh komunikasi antara server serta klien akan dienkripsi. Maksudnya, jika komunikasi itu disadap maka penyadap tak akan bisa mengenali apa isi komunikasi itu. Bayangkan sekiranya Anda tengah menjalankan maintenance server secara remote menggunakan account yang memiliki hak akses khusus, tanpa anda ketahui account dan password tadi disadap seseorang, selanjutnya server Anda diambil alih, pastinya akan sangat berbahaya.